Cara Membuat Email dengan Domain Website

Bagikan artikel ini ....Share on Facebook
Facebook
2Tweet about this on Twitter
Twitter

Email adalah tempat untuk berkirim surel berupa text, gambar dan juga file. Kebanyakan Email berakhiran dengan nama penyedia email, misalnya @gmail.com atau @yahoo.com. Namun apabila anda telah memiliki domain serta hosting sendiri ada baiknya membuat email menggunakan nama domain sendiri contohnya saya : [email protected] (order adalah nama email, dan @rizkan.id merupakan domain email). Baiklah bagi teman – teman yang penasaran Rizkan.id akan membagikan tutorial tentang Cara Membuat Email dengan Domain Website.

1. Buka akun cPANEL lalu pilih dan klik email accounts.

2. Masukan data akun email yang akan dibuat, selanjutnya klik create account.

3. Jika selesai akan muncul dialog berikut.

4. Nah hal yang tak kalah penting adalah bagaimana cara membuka email dari domain sendiri ? apakah dengan gmail atau yahoo ? Tidak, caranya adalah dengan mengetik website anda misal rizkan.id/webmail. Isi data email dan password website kemudian klik login.

5. Pada awal tampilan email akan muncul dialog berikut, cukup pilih got it.

6. Lalu pilih buka dengan roundcube, karena membuka email dengan aplikasi tersebut lebih mudah ketimbang aplikasi lainnya.

7. Jika muncul dialog berikut, maka akun email anda pun sukses dibuat dan telah aktif sepenuhnya. Cara berkirim surel dan lain sebagainya sama dengan yahoo mail ataupun gmail.

Tips mengamankan akun email :

  1. Pisahkan email untuk pribadi dan publik , seperti email login website dengan email tanya jawab untuk pengunjung website.
  2. Jangan mendaftarkan email pribadi pada akun medsos seperti facebook, twitter, path , instagram dll. Karena jika akun tersebut di hack maka nanti akan berdampak juga pada website yang anda kelola.
  3. Jangan mudah percaya dan mengklik iklan yang menjebak seperti : berhadiah iPhone 6 untuk pendaftar pertama dan link yang gak jelas lainnya.
  4. Jangan pernah menggunakan email pribadi untuk membalas surel dari pengunjung meskipun terdesak atau segera , karena email anda dapat di hack (hanya buat jaga – jaga).
  5. Selalu membuat email pemulihan lain, agar jika email yang ada kena hack, maka email lain dapat menyelamatkan email tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.